22 April 2016

7 Gedung Pernikahan Murah di Jakarta Barat: Cengkareng, Grogol, Kembangan, Kebon Jeruk

This is my first blog post ever about wedding. Akhirnya mainstream juga nge-blog tentang persiapan pernikahan. Bakal (insya Allah kalau ada waktu dan enggak malas) masih banyak cerita lainnya tentang persiapan pernikahan saya yang saya kasih label 'Wedding'. Jadi, buat Anda yang bride to be alias calon manten, mudah-mudahan tulisan saya bisa menambah ilmu atau jadi inspirasi ya. :)

Saat libur Natal tahun lalu (2015) saya dan keluarga berencana main ke rumah pacar di Mojokerto. Persiapan kalau ada omongan ke arah yang lebih serius, saya dan keluarga menyiapkan 'bahan presentasi' dengan mencari harga sewa gedung pernikahan di Jakarta Barat. Jakarta Baratnyapun saya persempit lagi jadi daerah sekitar rumah: Cengkareng, Grogol, Kembangan, Kebon Jeruk. Simply biar enggak capek di perjalanan karena macet pas hari H. Belum lagi kalau ada perlu apa-apa, kalau dekat, kan, gampang bolak-baliknya.

So, di Oktober 2015, saya menyempatkan satu hari weekend untuk survei bareng mama dan adik saya. Saya research di Google dulu tentang daftar gedung pernikahan di Jakarta Barat. Saya pilih dari daftar tersebut dan saya atur rutenya. Saat saya kunjungi tempatnya, saya selalu meminta brosur (kalau ada) dan mencatat kesimpulannya di notebook. Jadi, nanti saya bisa membandingkan mana yang paling cocok.

Berikut daftar gedung pernikahan murah dengan harga sewa di bawah Rp 10 juta (kecuali nomor 3, 9, dan 10) di Jakarta Barat, khususnya daerah Cengkareng, Grogol, Kembangan, dan Kebon Jeruk. Maaf saya tidak memotret gedungnya satu per satu, jadi silakan Google atau kunjungi langsung tempatnya. Saya tambahkan opini saya pribadi. Btw ingat, ya, ini data Oktober 2015, jadi sekarang bisa saja biaya sewanya naik. Enjoy!

1. Masjid Manarul Amal Universitas Mercu Buana
Alamat: Jl. Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat
Telepon: 021-2081141, 08129967553 (Bapak Jazuli)
Klik untuk memperbesar gambar
Biaya sewa: Rp 6 juta
Kesimpulan: Letak aula di bawah tanah, di atasnya ada masjid. Plafon rendah. Ruangan aula tidak terlalu luas. Ruang rias sempit. WC kecil dan sedikit. Parkiran cukup luas dengan tarif flat (Rp 2.000 untuk mobil, Rp 1.000 untuk sepeda motor). Bisa bantu urus KUA dengan biaya Rp 1,5 juta. Lokasi dekat dengan pintu tol tapi Sabtu bisa jadi macet karena mahasiswa Mercu Buana masih banyak yang kuliah.
PS: Tadinya hampir ambil gedung ini, tapi ternyata menemukan tempat yang menurut kami lebih baik. Di mana, tuh? Baca sampai habis, ya!

2. Yayasan Al Kamal
Alamat: Kedoya, Jakarta Barat
Telepon: Ibu Yanti, 021-5802126
Biaya sewa: unknown
Kesimpulan: Patokannya dari Rumah Sakit Puri Mandiri Kedoya, pas di sebelahnya ada Institut Teknologi Al-Kamal (ISTA). Masuk saja ke dalam sampai mentok, nanti Anda akan menemukan aulanya. Kebetulan saat itu sedang ada acara pernikahan, tapi kok saya enggak sreg, ya, sama gedungnya. Tampak kurang terawat, lantai keramiknyapun seperti tidak rata, dan kursi-kursinya jadul. Parkirannya tidak terlalu luas. Waktu itu pengelolanya tidak di tempat. Saya cuma minta nomor teleponnya ke penjaga gedung.

3. Apartemen Kedoya Elok
Alamat: Jl. Panjang No. 1, Kedoya, Jakarta Barat
Telepon: 021-58357551 (dapat dari Google)
Klik untuk memperbesar gambar
Biaya sewa: Rp 2,6 juta untuk 3 jam
Kesimpulan: Saat lihat harga di brosur yang didapat dari resepsionis ini, saya ngiler. Murah, tempatnya mewah, letaknya strategis pula di perempatan dan dekat pintu keluar Tol Kebon Jeruk. Saya masuk melewati kolam renang yang panas banget siang bolong itu. Saya sudah membayangkan, bagusnya acaranya malam biar enggak panas. Kece kali, ya, ada lampu-lampu gitu di dekat kolam renangnya. Eh, ternyata ruangnya kecilll semacam ruang rapat. Ada dua ruangan: Dahlia yang lebih kecil sepertinya dipakai untuk main pingpong, dan Anyelir yang saat itu dipakai untuk kebaktian orang-orang Ambon. Pembatas kedua ruangan ini dengan area luar adalah kaca-kaca dengan mirror film, jadi susah melihat kegiatan di dalamnya. Saat saya sedang mengintip ruangan di dalam lewat pintu yang sedikit terbuka, pintunya langsung ditutup. :)) Tapi saya bisa masuk ke salah satu ruangan dengan bantuan petugas kebersihan apartemen. Plafonnya pendek, definitely enggak pas buat dekorasi panggung pelaminan standarpun. Dua ruangan tadi digabungpun tidak muat untuk meja-meja catering dan lalu lalang orang. Ini, sih, lebih cocok untuk private party yang pengantinnya bisa jalan-jalan dan undangannya maksimal 100 orang. Bilik WC-nya juga sedikit. Dan untuk parkir, namanya juga di apartemen, tentu saja susah mencari yang kosong. *coret*

Alamat: Jl. Arjuna Utara No. 9, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Telepon: 021-70336098, 021-71148890
Email: onea_weddinghall@yahoo.com
Klik untuk memperbesar gambar
Biaya sewa: Paket lengkap internasional Rp 88,98 juta, tradisional Rp 89,98 juta, akad tambah Rp 2 juta
Kesimpulan: Sewa gedung pernikahan di sini sudah sepaket dengan wedding organizer, dekorasi, catering, dan perintilannya. Jadi enggak bisa sewa gedungnya saja terus vendor-vendornya dari luar. However, One A Wedding Hall & Organizer punya rekanan vendor-vendor yang bisa Anda pilih. Marketing-nya akan dengan senang hati menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda dan menjelaskan cara menghitung gubukan/pondokan. Saat diajak melihat-lihat Kemala Ballroom, kebetulan saat itu sedang ada persiapan resepsi. Ruangannya luas, langit-langitnya tinggi, dan full karpet. Ruang riasnya juga besar dan sejuk, toiletnya juga lumayan oke. Yang enggak oke buat saya itu harganya karena saya mau pesta pernikahan yang sederhana saja. :)) Paketnya hampir lengkap, sudah termasuk undangan (harus tambah lagi, sih, tampaknya), mobil pengantin, dan bonus menginap di hotel, tapi makanan gubukannya belum termasuk. Dengan tambahan ini itu, kira-kira Anda harus menyiapkan Rp 150 juta. Tapi mungkin paketnya masih bisa dinegosiasikan. Di kompleks kampus ada masjid tapi jauh, jadi biasanya akad digelar di ballroom juga.
Catatan: kalau mau mengadakan pesta pernikahan di sini sebaiknya jangan hari Sabtu, karena mahasiswa masih banyak yang kuliah dan susah mencari tempat parkir.

4. Masjid Agung Al Muchlishin
Alamat: Jl. Dr. Muwardi I, Grogol, Jakarta Barat
Telepon: 021-5682701, 081905879656 (Bapak Ibrahim)

Klik untuk memperbesar gambar
Biaya sewa: Rp 5,8 juta (resepsi), Rp 1 juta (akad di masjid)
Kesimpulan: Masjid yang dominan bercat putih ini baru direnovasi tahun 2013. Pantas, masih terlihat baru. Aulanya ada di lantai dasar sedangkan masjid ada di atasnya. Fasilitasnya tampak terawat, ruangannya terlihat lumayan luas saat kosong, toiletnya duduk (kalau tidak salah), langit-langitnya lumayan tinggi, ruang rias pengantin berukuran sedang dan ber-AC, masjidnyapun luas dan nyaman. Letaknya lumayan mudah diakses karena dekat dengan Terminal Bus Grogol, Halte Busway, Universitas Trisakti, Tol Dalam Kota, Stasiun Grogol, dan Mal Ciputra. First impression kami tentang tempat ini bagus, hanya sayang parkirnya mengambil badan jalan. Akhirnya gedung ini yang kami ambil. Kesan setelah menggunakan tempat ini sebagai tempat pernikahan saya tulis di sini.

5. GOR SMK Telkom Sandhy Putra Jakarta
Alamat: Jalan Daan Mogot KM. 11
Telepon: Ibu Wardiyah 08158026176
Biaya sewa: unknown
Kesimpulan: Namanya juga GOR, venue-nya luas banget, tapi sepertinya tidak ber-AC dan lantainya agak kotor. Terlalu luas bagi saya. Saya waktu itu tidak bertemu pengelolanya, hanya dapat nomor teleponnya dari security.

6. Aula Al Huda
Alamat: Jl. Utama Raya No. 2, Cengkareng, Jakarta Barat
Telepon: 021-6198595

Klik untuk memperbesar gambar
Biaya sewa: Rp 6,5 juta
Kesimpulan: Untuk gedung ini saya tidak datang sendiri, melainkan ayah dan ibu saya yang pernah ke sana untuk memenuhi undangan pernikahan. Lokasinya lumayan oke, lah, dekat pintu tol dan perempatan Cengkareng. Tapi di situ daerah macet. Lahan parkirnyapun sempit, jadi sebagian besar mobil harus menumpang parkir ke kantor kecamatan di sebelahnya.

7. Masjid Assahara
Alamat: Kantor Walikota Jakarta Barat, Kembangan
Telepon: Haji Mustofa 081310413512
Biaya sewa: Rp 3,75 juta
Kesimpulan: Ini jadi lokasi pernikahan idaman saya dan orang tua sejak dulu. Tempat parkirnya luas dan lokasinya lumayan mudah dicari karena di dalam kompleks Kantor Walikota Jakarta Barat. Lantai dasarnya untuk pernikahan, sedangkan masjidnya di lantai dua. Harga sewanya juga murah. Tapi... Kalau mau sewa gedung di sini harus setahun sebelumnya karena memang laris. Waktu saya telepon Oktober 2015, gedung sudah penuh di-booking sampai Juni 2016 dan baru menerima pemesanan lagi Januari 2016 untuk Juli-Desember 2016. Yah, belum rezeki. Btw, untuk bisa menyewa tempat di sini, Anda harus punya kenalan PNS. Enggak harus keluarga, kok, tetangga juga bisa.

8. Aula Pusdiklat Garuda (Garuda Indonesia Training Center)
Alamat: Jl. Raya Duri Kosambi No. 125, Jakarta Barat
Telepon: unknown
Biaya sewaunknown
Kesimpulan: Ini sih tinggal ngesot dari rumah saya. Saya sendiri belum pernah datang ke pesta pernikahan di sana, tapi orang tua saya pernah dan mereka bilang gedungnya kecil. Kompleksnya, sih, enak karena tempat parkirnya luas, tapi untuk ke Duri Kosambinya sepertinya susah untuk orang-orang yang kurang familiar dengan daerah ini. Sayang, pada Oktober 2015 ada kabar tempat ini sedang direnovasi sampai waktu yang belum diketahui. Jadi, tidak menerima sewa untuk pernikahan dulu.

9. Ballroom Gedung Kompas Gramedia
Alamat: Jl. Panjang 8A, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Telepon: Bapak Abadi 081808636436



Klik untuk memperbesar gambar
Biaya sewa: Rp 13,2 juta (sudah termasuk PPN 10%)
Kesimpulan: Kalau tidak salah, letaknya di lantai 8, jadi naik lift. Satu hari hanya menerima satu pesta (kalau sudah ada pesta siang, tidak ada pesta malam, dan sebaliknya). Langit-langit rendah. Ruangan tidak terlalu luas. Ada beberapa ruangan luas dan sempit yang bisa dimanfaatkan untuk ruang rias dan sebagainya. Musola sangat kecil. Jumlah WC cukup. Tempat parkir terbatas (apa karena saya saja yang tidak tahu?). Saya tidak ambil karena harganya overbudget.

10. The Vida Ballroom
Alamat: The VIDA Office Building Level 3A Unit 2, Jl. Raya Pejuangan No.8, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Telepon: Marcell 0812-900-8388



Klik untuk memperbesar gambar
Biaya sewa: Paket tanpa katering dan dekor Rp 62 juta, dengan katering 400 pax dan dekor Rp 122 juta
Kesimpulan: Saya belum pernah survei ke gedungnya langsung, sih, tapi sering lewat di depannya. Gedungnya cukup mudah dikenali dari jauh karena terletak di pinggir jalan tol, sederetan dengan RCTI Kebon Jeruk. Desain gedungnya seperti segitiga bersudut tumpul dengan dominasi kaca dan lis berwarna perak dengan ornamen laser cut. Sepertinya semua parkirannya di basement karena lahannya tidak begitu besar. Karena material dindingnya berupa kaca, tampaknya lebih baik mengadakan pesta pada malam hari di sini agar tidak gerah.


Gedung yang sudah tidak disewakan lagi untuk acara pernikahan
1. Gedung STT PLN, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat
2. Gedung Pusdiklat Pajak, Kemanggisan, Jakarta Barat


Jika ada pertanyaan spesifik mengenai gedung-gedung pernikahan di atas, silakan hubungi langsung kontaknya, ya.

Kalau mau memesan gedung pernikahan sederhana sekelas yang saya sebut di atas, waktu enam bulan masih cukup, kok (kecuali no. 7). Sebab, peminatnya tidak sebanyak gedung-gedung kelas B dan A yang sudah terkenal.

Oh, iya, biasanya setelah memesan gedung, vendor berikutnya yang harus dipesan adalah katering. Saya sudah merangkum price list catering dari beberapa catering murah di Jakarta. Cek di sini ya.

Nah, bride to be, sudah tahu mau memesan gedung pernikahan di mana?

48 comments:

  1. Sangat membantu .
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  2. Sangat membantu. Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Terima kasih juga sudah mampir ke blog ini. :)

      Delete
  3. jadi akhirnya gedung mana yang dipilih mba fitria? FYI rumah saya dkt taman semanan indah. jadi info nya banyak membantu saya juga.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pakai Masjid Al-Muchlishin seperti tertulis di atas, tapi detailnya memang belum sempat saya tulis lagi. Wah, senang bisa membantu. :)

      Delete
  4. hi kak

    lg liat liat gedung murah di jakbar eh nemu blog ini

    sddikit sharing, pernah dtg ke acara di the vida ballroom

    btw tempatnya enak lho kalau acaranya malam

    stlh keluar dr lift, venue acara ada di sisi kanan but catering makanan berat alias prasmanan ada di gedung sisi sebelah kiri

    so... ngebantu bgt utk kalian yg nyari gedung dgn tamu yg membludak hehehe

    parkir di basement dan luas. ngga susa cari parkir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims infonya! Iya kayaknya memang lebih cocok untuk pesta malam. :)

      Delete
  5. Halo, saya ada tanggal untuk di gedung di Balai Makarti Muktitama buat tanggal 15 April 2017 acaranya siang, rencananya mau pakai gedung tsb cuma orang tua kurang sreg jadi saya mau jual lagi. Saya udah DP 1 jt, total keseluruhan sewa gedung tsb 7 jt jadi tinggal pilih catering rekanan sama bayar sisa dari sewa gedung tsb. Kalo minat silahkan hub : 081806896998 (WA/SMS).
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan yang butuh gedung untuk April ini di Jakarta! :)

      Delete
  6. Siang mba, saya mau minta CP nya gedung pusdiklat pajak boleh? barang kali mba fitria punya.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya nggak punya soalnya waktu itu cuma nanya sama satpam di depan

      Delete
  7. Hallo Calon Pengantin.. Uda tau belum di Jakarta Barat ada gedung pernikahan baru dan all in pacakge ??? di Grand Slipi Tower tepatya di lantai mezzanine untuk paket kita uda include :
    - Fasilitas Gedung
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana / Bridal
    - Entertainment
    - Photography
    - Wo 8 Orang
    - MC
    - Wedding Car
    dan Exculise Honeymoon ke Bali 3D2N, Untuk informasi lebih Lanjut Wa or Call Teddy 08158040681

    ReplyDelete
  8. Disewakan Ball Room Mesjid Raya Hasyim Asy'ari DKI Jakarta
    Jl. Daan Mogot KM,14,5 Cengkareng Jakarta Barat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar bisa disewa min?? Bisa minta contact person nya?

      Delete
    2. ada list harganya ?

      Delete
  9. Hallo, aku mau sharing ttg pernikahan aku kmren tgl 29 april 2017 di gedung graha elnusa .. awalnya yang aku tau elnusa bisa di sewakan hanya gedungnya saja tapi pas aku survei di bulan desember 2016 mereka sudah renovasi gedung full karpet + lampu gantung serta all in package!! memang lebih mudah sih vendor mereka juga bagus .. setelah diskusi dengan keluarga akhirnya mereka OK dgn pertimbangan jalur gampang via tol dan parkiran yg sangat luas serta ballroom yg ada di ground floor memudahkan sesepuh utk datang .. soal harga? jangan di tanya di elnusa termurah di antara gedung se- TB SIMATUPANG dan 1 lgi yg terpenting aku dapat banyak bonuuuss .. woohhooooo asik kan :).. kalo mau sharing silahkan kontak aku 087881656581

    ReplyDelete
  10. Hallo capeng, buat yang lagi cari gedung pernikahan aku punya ballroom nih, masih baru dengan konsep semi hotel yang sudah full carpet dan Ac nya central.. disini sistemnya udah all in, untuk Catering, Dekorasi, Rias Busana/Bridal, Photography, Entertaiment, Wedding Organizer (8 Crew), Wedding Car semuanya sudah kita yang cover, jadi capeng hanya cukup menyiapkan undangan dan souvenir saja.. more info : FIRA 0812-3620-9044 Thankyou~

    ReplyDelete
  11. Paket Pernikahan di PATRA JASA YUDISTIRA BALLROOM
    (Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 32-34 Jakarta Selatan):

    - Fasilitas Gedung (Full AC & Full karpet),
    - Dekorasi,
    - Catering,
    - Rias & Busana,
    - Entertainment,
    - Photography,
    - Tim WO 8 orang + MC
    - Mobil Pengantin Alphard

    FREE HONEYMOON 4D3N di MALDIVES+FLIGHT / IPHONE 7+ / MOTOR HONDA VARIO 150cc (tanpa diundi) & masih banyak lagii

    Segera hubungi marketing HIS Wedding Patra Jasa : 0857-1956-1400 (etika)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai etika..msh marketing patra ga ya?mau ty tuk tgl 12 nov 2019 msh available ga ya?blh mnta pricelistnya?tq

      Delete
  12. sebagai referensi tambahan buat temen-temen yang sedang mencari untuk paket catering atau paket pernikahan murah di jakarta bisa menghubungi Lumosa Catering,
    untuk info lebih lanjut:
    instagram/fb/twitter: @lumosacatering
    Website : http://lumosacatering.com

    ReplyDelete
  13. Mau tanya mba yg walikota harus punya kenalan pns ? Kalo g punya gk bs nyewa atau harganya berbeda?

    ReplyDelete
  14. Iya setau saya harus. Nggak harus keluarga dekat kok, tetangga juga boleh. Kalau nggak ada kenalan PNS nggak bisa nyewa.

    ReplyDelete
  15. Kalo pnsnya bukan di lingkup kerja daerah jakarta bisa ga ya mbaak? Kebetulan camer saya pns tp lingkup kerjanya di kab tangerang

    ReplyDelete
  16. Salam mba Fitria, tulisannya sangat membantu sekali untuk para CaPeng.
    Izin tambahan informasi mba, buat para CaPeng yang mencari tempat resepsi dijakarta barat tanpa biaya sewa dengan paket yang ditawarkan juga sudah All ini, bisa juga survey ke HungThan restoran di mall taman palem lantai 3 Unit 01. Ph. 02154360575.

    ReplyDelete
  17. Paket Pernikahan di GRAHA ELNUSA UDAYA BALLROOM
    (Jl. Tb. Simatupang Kav 1.B Jakarta Selatan):

    - Fasilitas Gedung (Full AC & Full karpet),
    - Dekorasi,
    - Catering,
    - Rias & Busana,
    - Entertainment,
    - Photography,
    - Tim WO 8 orang + MC
    - Mobil Pengantin Alphard

    FREE HONEYMOON 4D3N di MALDIVES+FLIGHT & masih banyak lagii

    Segera hubungi marketing HIS Wedding Graha Elnusa : 087862226333 (Rico)

    ReplyDelete
  18. Buat temen2 calon pengantin se Indonesia raya..yukkk ahhh jangan pake ragu buka web QQ Wedding..krn banyak BONUS menarik menanti kamu lhooo

    Karena cuma di QQ WEDDING yg bisa menyesuaikan dengan budget kalian lho dear..
    Mengemas hari bahagia kalian menjadi lebih istimewa adalah impian kami..

    Hayooo yang mau hari istimewanya di bikin lebih cantik dan berkesan, gak usah pake ragu lagi..

    hub kami segera sms/tlpn/WA di 0812-9835-0666 CP: Kiki

    Untuk melihat detail paket dan promo lainnya silahkan kunjungi

    www.qq-wedding.com

    Tx dear...

    ReplyDelete
  19. Hai!! yuk datang dan survey gedung GRAHA ELNUSA, gedung termurah se jakarta selatan yang sudah all in package(gedung, catering, dekorasi, rias busana, photography, entertainment, WO, Wedding Car & MC) sudah full ac&karpet! gedung yang letaknya strategis di daerah jakarta selatan! banyak bonus yang ditawarkan juga loh. for more detail info call/wa : intan 087800160870

    ReplyDelete
  20. Haii kami dari IBiLC Graha Surveyor Indonesia Gatot Subroto kav 56,Lt4 .menyewakan gedung pernikahan untuk kapasitas 250-350 Undangan,dengan fasilitas lengkap,parkiran luas,harga yang terjangkau di daerah Jakarta Selatan,untuk lebih lanjut bisa hubungi : 085719433042 Deya

    ReplyDelete
  21. dear capeng yang ingin menikah kami menawarkan ALL IN PACKAGE di gedung GRAHA ELNUSA tb simatupang , NO ribet package include
    -GEDUNG
    -CATERING
    -RIAS BUSANA
    -ENTERTAINMENT
    -WO
    -WEDDING CAR ALPHARD

    luxury place with affordable place
    hub Marketing HIS graha elnusa
    081319797403 (VISKA)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira kira untuk 400 undangan total jd berapa kak???

      Delete
  22. Hallo Calon Pengantin.. Uda tau belum di Jakarta Barat ada gedung pernikahan baru dan all in pacakge ??? di Grand Slipi Tower tepatya di lantai mezzanine untuk paket kita uda include :
    - Fasilitas Gedung
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana / Bridal
    - Entertainment
    - Photography
    - Wo 8 Orang
    - MC
    - Wedding Car
    dan Exculise Honeymoon ke Maldives 4D3N + Free Dekorasi lamaran / Pemberkatan & Teapai. Untuk informasi lebih Lanjut Wa or Call Rico 087862226333

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai ricoo..Blh kirim pricelistnya tuk all in packages nya bt 700pack?kira2 tgl 12nov 2019 msh available kah?

      Delete
    2. halo kak, bisa langsung wa ke nomor saya

      Delete
    3. kalau untuk sekalian pernikahan adat bisa ngga yah tanggal 30 nov, bisa ngga untuk 600 sd 700 org

      Delete
  23. dear capeng yang mau menikah tp bingung cari gedung HIS GRAHA ELNUSA hadir utk anda, dg ALL in package , NO RIBET, semua kita yg urus..kalian tinggal duduk manis, package include
    -GEDUNG
    -CATERING
    -DEKORASI
    -RIAS & BUSANA
    -PHOTO&VIDEO
    -PROMO CASHBACK!!
    -etc..

    luxury place with affordable price
    hub. marketing his 081319797403 (VISKA)

    ReplyDelete
  24. Paket Pernikahan di GRAND SLIPI CONVENTION HALL (Jl. Jend. S. Parman Kav. 22-24 Jakarta Barat):
    – Fasilitas Gedung (Full karpet),
    – Dekorasi,
    – Catering,
    – Rias & Busana,
    – Entertainment,
    – Photography,
    – Tim WO 8 orang + MC
    – Mobil Pengantin Alphard (FREE HONEYMOON BALI 3D2N / Free Dekorasi Lamaran & masih banyak lagii)
    Segera hubungi marketing HIS Wedding Grand Slipi Convention Hall: 087862226333 ( Rico )

    ReplyDelete
  25. Paket Pernikahan di Patra Jasa (Jl. Jend. Gatot Subroto. Kav 32-34, Jakarta Selatan):
    - Fasilitas Gedung,
    - Dekorasi,
    - Catering,
    - Rias & Busana,
    - Entertainment,
    - Photography,
    - Tim WO 8 orang,
    - Mobil Pengantin Alphard (FREE HONEYMOON Maldives 4D3N & masih banyak lagiiiii)
    Segera hubungi marketing HIS Wedding Patra Jasa: 081316692759 (fitria)

    ReplyDelete
  26. waaah sangat membant sekali kak artikelnya :) oh ya sebagai tambahan referensi nih aku kasih tau deh.. di Kuningan Jaksel ada gedung baru dan kualitasnya Grade A premium, ballroomnya luas dan ceilingnya tinggi, keren buat wedding. Paket nya udah all in, semua vendor nya udah tersedia tinggal dipilih aja, udah dapet WO pula, sumpah super praktis tinggal pilih dan tentuin konsep, kalopun yg kita mau ga sesuai sama paket standard ya bakal ada penyesuaiannya kok, pokonya tinggal diskusiin aja sama mereka hehe. enak deh pelayanannya jg ramah bgt. kalau ada yg mau tanya2 atau survey bs hubungi marketingnya aja nih kontaknya 089673793777 (Sely)

    ReplyDelete
  27. Hi...kak saya menawarkan diri untuk menjadi rekanan jasa Foto & Video Wedding, info lengkap bisa lihat Instagram @ceritakita_photo

    ReplyDelete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. memang tidak mudah mencari gedung untuk resepsi

    ReplyDelete
  31. Terimakasih sangat membantu untuk saya yg sdg mencari referensi kalau boleh tau gambaran budget keseluruhan masjid agung al muchlishin dan kapasitas nya memuat berapa banyak tamu kak?

    ReplyDelete
  32. Untuk adat Batak kapasitas 500..ada tdk sewa gedung daerah Tangerang

    ReplyDelete

Pendapat Anda?